Jawaban Dari Caleg PD – Nova Riyanti Yusuf

caleg Nova Riyanti Yusuf dari PD sudah memberikan jawaban.

Noriyu memiliki minat terhadap perjuangan TKI terlepas dan sebelum beliau menjadi caleg melalui LSM beliau, Metafor Institute dari tahun 2006.  Ini patut di-apresiasi karena setidaknya ini adalah satu caleg yang bukan datang kemarin sore untuk menawarkan empati/solusi/perhatian pada TKI. Baca blognya:

http://noriyu.wordpress.com/2009/03/04/dialog-publik-menyoal-agenda-partai-politik-tentang-perlindungan-terhadap-buruh-migran-indonesia/

However tho, agak sulit men-sintesis jawaban sebenarnya karena diberikan dalam bentuk power point presentation (meski harus diakui isinya komprehensif dan memerlihatkan dia tahu masalah kita apa saja.

Dalam power point presentationnya, beliau memerlihatkan

– latar belakang masalah kita

– apa saja yang pemerintah sudah lakukan

– tugas ke depan

Oke, pertama, latar belakang masalah kita, kita sudah tahu. teman-teman dari Migrant Care malah jauh lebih tahu. jadi tidak akan dicopy-paste di sini.

Kedua, bagian “apa saja yang pemerintah sudah lakukan” kami pandang tidak patut untuk dituliskan sebagai respon caleg PD karena itu adalah kredit pemerintah secara keseluruhan, bukan jasa dari caleg PD atau jasa dari partai demokrat. Achievement pemerintah dan BNP2TKi selama ini adalah achievement Kabinet Indonesia bersatu (multi partai).

Tidak di-uploadnya bagian ini juga bukan untuk menihilkan jasa-jasa pemerintah dan BNP2TKI (by the way, jangan biasakan menihilkan jasa pemerintah karena 5 tahun mereka kerja, banyak juga jasanya). Tapi karena tujuan dari blog ini adalah bertanya pada para caleg, apa yang mereka bisa perjuangkan untuk kita, karena mereka meminta kita memilih mereka.

Oke, jawaban dari Caleg PD – Nova Riyanti Yusuf adalah:

– sektor formal harus lebih didorong (65% TKI bekerja di sektor informal yang sulit dilacak dan dilindungi)

– sektor informal tidak distop karena itu hak azazi manusia. namun penempatan TKI harus lebih selektif (berkualitas)

– Pemerintah harus terus pro-aktif baik secara bilateral dan multilateral dalam perumusan kesepakatan dunia.

– Bersama dengan LSM Migrant Care dan partai-partai PDIP, PKS, Demokrat, PKB, setuju dengan segera terbentuknya sebuah konstitusi yang melindungi secara komprehensif (kalau dalam kesehatan: to prevent, to promote, to cure, to rehabilitate) para buruh migran Indonesia.

Sebenarnya jawbaan di atas masih fluffy – dalam artian, masih dalam taraf sadar akan urgensi dan esensi, sadar secara konseptual apa yang harus dilakukan untuk menolong kita. Namun tidak ke level yang lebih detail/kongkret dari itu.

Patut untuk diapresiasi caleg ini in particular adalah:

– tingkat pengetahuan caleg ini secara detil akan kondisi kita, masalah kita, dan sudah sejauh mana pemerintah memerbaiki.

– minat kepada nasib TKI dari tahun 2006 – sebelum dia menjadi caleg dapil luar negeri.

Advertisements

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: